Kamis, 04 April 2013

Huruf dan baca, ayo membaca

Ada 26 huruf dalam alphabet yang entah disadari ataupun tidak, 26 huruf itu bisa menjadi banyak hal dan bisa menjadi banyak hal dari yang paling kecil seperti sebutan nama hingga menjadi sebuah cerita panjang serta sebuah lirik sebuah lagu yang luar biasa indah. Mungkin kita masih ingat ketika kecil saat pertama merasakan bangku sekolah yang diajarkan pertama kali adalah menulis Huruf dan kemudian membacanya.
Diawali dengan huruf, kemudian menjadi sebuah kata, kalimat dan paragrap. Semuanya adalah hal luar biasa mengenai huruf. Akan tetapi huruf itu tidak akan berguna dan tidak akan berkembang bahkan tidak akan kita ketahui apa isi dan maksudnya jika kita tidak mengenalinya. Berbeda halnya dengan yang kita banyangkan ketika dengan lawan jenis, berkenalan dengan huruf dapat kita lakukan dengan baca dan membacanya. Luar biasa sekali.
Di jaman yang sudah sangat luar biasa modern ini, semua hal sudah memiliki nama yang terdiri dari huruf-huruf itu sendiri. Mengenali apapun sudah sangat mudah karena kita bisa mengetahui banyak hal dengan membaca banyak hal tersebut, melalui buku, ensiklopedia, internet dan banyak hal lainnya. Bahkan kita bisa mengetahui isi seluruh bagian bumi yang kita tidak mungkin untuk mendatanginya satu per satu hanya dengan santai sambil minum teh dan cemilan di rumah. Semua itu dapat kita lakukan dengan membaca. Luar biasa sekali.
Setiap kita pasti punya cita-cita untuk mendatangi suatu tempat yang jauh dan indah dibelahan bumi lain. Akan tetapi hal itu terlampau sulit untuk kita lakukan. Bahkan bermimpi ketika tidur pun sulit untuk menemuinya. Akan tetapi, dengan membaca maka kita secara tidak langsung sudah bisa “mendatangi” tempat tersebut, mengetahui setiap celah ditempat tersebut. Sekali lagi luar biasa sekali membaca itu.
Banyak hal lain yang lebih menakjubkan lagi mengenai membaca. Alloh SWT menurunkan wahyu pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW adalah membaca (Surat Al-alaq 1-5), padahal Nabi Muhammad adalah seorang yang sangat buta terhadap aksara, beliau tidak bisa membaca sama sekali. Akan tetapi Alloh SWT tetap memaksa Beliau untuk membaca.  Aneh sekali, diluar pemikiran kita. Dan kemudian beliau mempelajari bagaimana cara membaca tersebut. Akhirnya, kita ketahui bersama Nabi Muhammad SAW menjadi Nabi Terakhir yang sekarang membawa ummat muslim menjadi ummat terbesar di dunia dan hingga saat ini Nabi Muhammad SAW masih menjadi 100 Orang berpengaruh di dunia yang sudah berabad-abad tidak tergantikan. Hal itu semua diawali oleh wahyu pertama kali, Membaca.
Pembahasan mengenai membaca dan keampuhannya sudah teruji dari setelah zaman nabi Muhammad SAW sampai akhir Zaman. Karena membaca merupakasn sebuah cara untuk mengetahui atau mengenalkan kita terhadap sesuatu yang belum kita ketahui.
Ada fakta yang tidak bisa kita pungkiri bahwa setiap apapun di muka bumi ini memiliki nama, bisa ditulis dan dibaca untuk diketahui oleh semua orang. Sehingga tidak ada alasan apapun untuk kita mengatakan tidak mengetahui apapun.
Dalam cuplikan Sebuah film “Arn Of The Knight Templar”, ada bagian di film tersebut yang membaca sebuah kitab yang isinya “Legere Est Omnis Scientiae Fundamentum”( Membaca adalah dasar dari seluruh ilmu pengetahuan). Artinya untuk mengetahui seluruh ilmu pengetahuan , dasarnya adalah membaca.
Secara tidak sadar, setiap hari kita sudah melakukan kegiatan membaca sehingga Mungkin setiap orang sudah bosan membaca. Akan tetapi jika mereka dapat menyadarinya, apapun yang kita baca hari ini bukan berarti harus berguna hari ini melainkan apa yang kita baca hari ini berguna untuk masa yang akan datang. Seperti halnya kita makan, bukan hanya untuk mengenyangkan perut, tetapi untuk kebutuhan tubuh kita kedepan.
Jadi masihkah kita malas untuk membaca. Jika masih malas, maka kita termasuk golongan orang-orang yang tertimpa bencana besar dalam ladang ilmu pengetahuan yang sangat menakjubkan. Semoga saja kita termasuk orang-orang yang beruntung.
Ayo kita lihat isi dunia, kita bongkar seluruh ilmu pengetahuan, kita hancurkan semua kebodohan, kita porak porandakan semua penghalang dengan MEMBACA.
Satu pesan yang perlu diketahui bersama “Read A Book Now Or live like a art stone”.(b234m)

0 komentar:

Posting Komentar